Banyak Minum Air Putih Saat Sahur, Ngaruh Saat Puasa?

minum air putih
Ilustrasi (Foto: freepik.com)

Jogjakeren.com – Salah satu sunah Nabi Muhammad SAW yang sangat dianjurkan pada bulan suci Ramadan adalah makan sahur. Sayangnya, makan sahur juga merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang. Bahkan beberapa orang merasa bahwa sahur dengan hanya minum air putih lebih nyaman dibanding harus makan berat. Itu semua kembali lagi dengan kondisi tubuh kita ya.

Namun, pernahkah kamu diminta anggota keluarga untuk minum air putih yang banyak saat mendekati waktu imsak? Tentu saja harapannya agar tubuh kita tidak mudah lemas selama menjalani ibadah puasa belasan jam lamanya. Tapi, apakah melakukan hal tersebut saat sahur memang berpengaruh terhadap kekuatan tubuh seharian? Mari kita simak ulasannya dalam dunia kesehatan.

Read More

Panduan Minum yang Tepat

Dalam ilmu kesehatan, mengonsumsi cairan, khususnya air putih sangat penting bagi tubuh. Karena tubuh kita terdiri dari sekitar 80% air. Fakta unik lainnya, manusia dapat bertahan hidup lebih lama tanpa makan daripada tanpa minum. Dengan asupan air putih yang cukup, tubuh manusia tidak mudah lelah dan otot menjadi lebih kuat. Itulah kenapa minum air putih adalah sebuah keharusan. Namun bagaimana jika kita harus puasa berjam-jam?

Selama menunaikan ibadah puasa, sebaiknya kamu mengikuti panduan mengonsumsi air yang tepat. Kamu dapat menerapkan pola minum 2-4-2. Lebih rincinya adalah 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Jika kamu merasa bosan dengan air putih, boleh banget kok untuk mengombinasikannya dengan minuman lain. Misalnya teh madu, jus jeruk, susu, dan sebagainya. Namun tetap usahakan untuk mengurangi kandungan gula ya. Hal ini agar tidak menyebabkan risiko kesehatan lain yang disebabkan oleh kelebihan gula dalam tubuh.

Banyak Minum Air Putih Saat Sahur

Dari panduan pola di atas, sudah terlihat bukan waktu mana yang dianjurkan untuk mengonsumsi air paling banyak? Artinya, justru waktu yang sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air adalah sejak berbuka puasa hingga sebelum tidur. Bukan memperbanyak minum saat sahur bahkan sebelum waktu imsak.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa banyak minum air putih saat sahur tidak memengaruhi kuatnya tubuh selama menjalani puasa. Dalam hal ini kata banyak yang dimaksud adalah lebih dari 2 gelas. Bahkan jika kamu terlalu banyak kosnumsi air putih saat sahur dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan. Salah satunya adalah kondisi kelebihan cairan pada tubuh dan pembengkakan tubuh. Hal ini sangat berbahaya terutama bagi penderita penyakit jantung dan ginjal.

Sekali lagi, yuk perhatikan asupan air putih dalam tubuh kita sebelum puasa. Semakin sehat tubuh kita, tentu akan semakin lancar urusan dan ibadah kita selama bulan ramadan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.